Konfigurasi-Instalasi

Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Install MariaDB di Ubuntu 14.04

MariaDB adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MariaDB, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Cara Install MariaDB Di Ubuntu 14.04


MariaDB adalah pengganti drop-in untuk MySQL. MariaDB berusaha untuk menjadi pilihan yang logis untuk profesional database mencari robust, scalable, dan dapat diandalkan SQL Server. Untuk mencapai hal ini, MariaDB Yayasan bekerja sama dan kooperatif dengan masyarakat yang lebih besar dari pengguna dan pengembang dalam semangat sejati free dan software open source, dan melepaskan software dengan cara yang menyeimbangkan prediktabilitas dengan keandalan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara menginstall MariaDB pada ubuntu 14.04 bisa juga anda terapkan di 15.05 dan ubuntu terbaru..

Langkah pertama buka terminal anda (CTRL+ALT+T) lalu jalankan perintah berikut untuk menginstall dan menambahkan repository:

sudo apt-get install software-properties-common

sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver hkp://keyserver.ubuntu.com:80 0xcbcb082a1bb943db

sudo add-apt-repository ‘deb [arch=amd64,i386] http://mirrors.coreix.net/mariadb/repo/10.1/ubuntu wily main' 

setelah menambahkan repository saatnya mengupdate pastikan anda masih pada terminal anda dan jalankan perintah berikut:

sudo apt-get update

setelah memakan waktu beberapa menit dan pengupdatean pun selesai saatnya menginstall MariaDB pada linux ubuntu 14.04 anda dengan command berikut:

sudo apt-get install mariadb-server

pada saat installasi MariaDB akan meminta password dari user root. masukkan password dan pastikan tidak lupa.

setelah menyelesaikan instalasi anda dapat memeriksa versi dari MariaDB dengan menggunakan perintah berikut dari terminal anda:

mysql -v

cukup sekian tutorial kali ini yang membahas bagaimana cara menginstall MariaDB pada ubuntu apabila anda kesulitan bisa layangkan komentar pada tutorial ini atau bisa anda cek documentasi MariaDB pada link berikut https://mariadb.com/kb/en/mariadb/documentation/.
Share:

Arsip Blog

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive